Minggu, 22 Mei 2016

Manajemen Sumber Daya Manusia Proyek Perangkat Lunak

Analisis Jabatan (Deskripsi)

Project Team Role Project Team Member(s) General Qualifications Spesific Qualifications Responsibilites
Team Leader Guruh Mengkoordinasikan seluruh tenaga ahli yang dilibatkan serta mengendalikan jalannya pelaksanaan pekerjaan tim -Berpengalaman memimpin tim pengembangan dan pembangunan (sistem informasi);
-Memiliki pemahaman yang baik mengenai penyusunan jadwal pengembangan dan pembangunan sistem sesuai dengan kapasitas sistem;
-Memiliki track record yang baik memimpin tim kerja dalam hal ketepatan waktu pekerjaan;
-Memiliki pengalaman pekerjaan minimal 10 tahun;
-Memiliki latar belakang pendidikan minimal S1, latar belakang S2 pada bidang Manajemen Proyek akan merupakan nilai tambah;
·         Bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan seluruh tenaga ahli yang dilibatkan
·         Mengendalikan jalannya pelaksanaan pekerjaan tim
Database Enginer Muhammad Kegiatan yang berkaitan dengan perubahan sistem data yang berhubungan dengan pengembangan Sistem Informasi Kearsipan
-Berpengalaman menggunakan Lotus Domino dan Lotus Notes baik MS Windows maupun Linux;
-Mampu melakukan trouble shooting Lotus Domino dan Lotus Notes di Ms Windows maupun Linux;
-Memiliki pengalaman pekerjaan minimal 5 tahun;
-Memiliki latar belakang pendidikan minimal S1;
-Memiliki pengalaman secara intensif dengan Operating System Ms Windows Server 2003, Ms Windows XP, dan Linux;
·      Bertanggung jawab atas kegiatan yang berkaitan dengan perubahan sistem data yang berhubungan dengan pengembangan Sistem Informasi Kearsipan
System Analyst Arya 1.      Bekerja dalam meneliti sebuah masalah
2.      Merencanakan solusi terhadap masalah yang ada
3.      Merekomendasikan software dan sistem yang dibutuhkan
4.      Mengkoordinir pengembangan untuk memenuhi kebutuhan bisnis atau kebutuhan lainnya.

-Melakukan review atas kegiatan manajemen pemerintahan di lingkungan Kementerian Kehutanan secara umum, dan khususnya yang berhubungan dengan perubahan dalam pengelolaan pengembangan Sistem Informasi Kearsipan (SIK), dan pelaksanaan monitoring kesesuai data dan aplikasi,. Proses review ini meliputi proses, data, informasi, dan dokumen yang digunakan.
-Menganalisis dan mengevaluasi kemampuan sistem informasi yang mengalami perubahan dan melakukan pengolahan data/informasi sehingga menjadi sebuah laporan.
-Mengusulkan konsep pengembangan sistem informasi berbasis teknologi komputer yang akan digunakan dalam pelaksanaan pekerjaan Sistem Informasi Kearsipan di lingkungan Kementerian Kehutanan.
-Merancang pengembangan sistem informasi berbasis teknologi komputer sesuai dengan kebutuhan dalam pelaksanaan pembangunan dan pengembangan Sistem Informasi Kearsipan di lingkungan Kementerian Kehutanan.
-Memiliki pengalaman pekerjaan minimal 5 tahun;
-Memiliki latar belakang pendidikan minimal S1;
·      Melakukan review atas kegiatan manajemen pemerintahan di lingkungan Kementerian Kehutanan secara umum, dan khususnya yang berhubungan dengan perubahan dalam pengelolaan pengembangan Sistem Informasi Kearsipan (SIK), dan pelaksanaan monitoring kesesuai data dan aplikasi,. Proses review ini meliputi proses, data, informasi, dan dokumen yang digunakan.
·      Menganalisis dan mengevaluasi kemampuan sistem informasi yang mengalami perubahan dan melakukan pengolahan data/informasi sehingga menjadi sebuah laporan.
·      Mengusulkan konsep pengembangan sistem informasi berbasis teknologi komputer yang akan digunakan dalam pelaksanaan pekerjaan Sistem Informasi Kearsipan di lingkungan Kementerian Kehutanan.
·      Merancang pengembangan sistem informasi berbasis teknologi komputer sesuai dengan kebutuhan dalam pelaksanaan pembangunan dan pengembangan Sistem Informasi Kearsipan di lingkungan Kementerian Kehutanan.
Programmers Senna, Fathi, Firdaus Mengimplementasikan apa yang telah dirancang oleh designer
-Melakukan inventarisasi aplikasi-aplikasi, data-data tabulasi dan format-format kebutuhan informasi yang berhubungan dengan pengembangan Sistem Informasi Kearsipan Kementerian Kehutanan.
-Melakukan inventarisasi perubahan aliran-aliran data di dalam Sistem Informasi Kearsipan.
-Melakukan klasifikasi terhadap data-data yang telah diinventarisasikan dan dikembangkan untuk dikelompokan serta disesuaikan dengan kebutuhan perubahan informasi.
-Membantu tenaga ahli Database dalam mengembangkan database Sistem Informasi Kearsipan.
-Membangun pengembangan modul-modul aplikasi dari rancangan sistem yang telah dibangun oleh Tim.
-Memiliki pengalaman pekerjaan minimal 5 tahun;
-Memiliki latar belakang pendidikan minimal S1;
·      Melakukan inventarisasi aplikasi-aplikasi, data-data tabulasi dan format-format kebutuhan informasi yang berhubungan dengan pengembangan Sistem Informasi Kearsipan Kementerian Kehutanan.
·      Melakukan inventarisasi perubahan aliran-aliran data di dalam Sistem Informasi Kearsipan.
·      Melakukan klasifikasi terhadap data-data yang telah diinventarisasikan dan dikembangkan untuk dikelompokan serta disesuaikan dengan kebutuhan perubahan informasi.
·      Membantu tenaga ahli Database dalam mengembangkan database Sistem Informasi Kearsipan.
·      Membangun pengembangan modul-modul aplikasi dari rancangan sistem yang telah dibangun oleh Tim.

OBS (Organizational Breakdown)

Sumber Daya Manusia yang akan menangani proyek ini terdiri dari 4 macam pekerjaan teknisi ahli teknologi informasi, dengan rincian seorang Project Manager / Tim Leader, seorang ahli database, seorang System Analyst, dan tiga orang ahli pemrograman / programmer.
OBS

WBS

Berisi seluruh kegiatan yang akan dikerjakan pada proyek ini, sesuai dari rencana sebelumnya
mindmap wbs

No
AKTIVITAS
Sistem Informasi Kearsipan (SIK) Kementrian Hutan
1 Konsep
1.1  Penggalian Kebutuhan
1.1.1 Menghubungi Stakeholder dan Membuat Perjanjian Waktu untuk Bertemu
1.1.2 Melakukan wawancara kepada stakeholder untuk mengetahui kebutuhan yang harus ada pada aplikasi yang akan dikembangkan
1.1.3 Menggali informasi dan data Modul Aplikasi SIK di beberapa Eselon I dan Eselon II
1.1.4 Menggali informasi dan data yang mendukung tentang aplikasi yang sudah ada sebelumnya
1.1.5 Mendefinisikan kebutuhan pengguna
1.1.6 Mendefinisikan kebutuhan sistem
1.2  Analisis Kebutuhan
1.2.1 Memilih kebutuhan apa saja yang akan ada pada sistem informasi kearsipan (SIK) yang baru
1.2.2 Mengonfirmasi ulang kebutuhan yang sudah kita analisis kepada stakeholder
1.2.3 Membuat dokumen kebutuhan yang berisi segala hasil tahapan penggalian kebutuhan dan kebutuhan final
2  Pembuatan Prototype
2.1  Desain Sistem dan Jalannya Sistem
2.1.1 Membuat prototype sistem informasi kearsipan sesuai analisa kebutuhan awal
2.2  Evaluasi Prototype Kepada Stakeholder
2.2.1 Menunjukan hasil prototype kepada stakeholder
2.2.2 Mencatat hasil evaluasi prototype dari stakeholder
2.3  Implementasi Sistem
2.3.1 Implementasi sistem dari hasil prototype yang disetujui stakeholder
2.3.2 Implementasi interface dari hasil prototype yang disetujui stakeholder
2.3.3 Penggabungan sistem dan interface
2.3.4 Uji  Coba aplikasi oleh developer dan stakeholder
2.4  Konfimasi Akhir Hasil Implementasi
2.4.1 Evaluasi kepada stakeholder
2.4.2 Melakukan perubahan apabila ada kesalahan yang telah disepakati antara developer dan stakeholder sebelumnya
3  Roll Out
3.1 Mencari jasa hosting
3.2 Membeli jasa hosting
3.3 Mendeploy sistem informasi kearsipan yang telah diperbarui
3.4 Uji coba server terlebih dahulu oleh developer
4  Testing
4.1 Pembuatan skenario pengujian
4.2 Melakukan testing oleh stakeholder sesuai dengan skenario pengujian
4.3 Melakukan perbaikan bila terjadi gangguan
5  Support
5.1 Perencanaan pelatihan dan pembuatan manual book
5.2 Menjalankan pelatihan dan memberikan manual book

RAM (Responsibility Assignment Matrix) Internal

R : Responsible Organizational Unit (yang bertanggung jawab)
P : Performing Organizational Unit (yang melaksanakan)
Aktv. Tim Leader Database Enginer System Analyst Programmers
1.1.1 RP


1.1.2 RP


1.1.3 R RP RP
1.1.4 R RP RP
1.1.5 R
RP
1.1.6 R
RP
1.2.1 R
RP
1.2.2 RP


1.2.3 R RP RP
2.1.1 R R
RP
2.2.1 RP


2.2.2 RP


2.3.1 R R
RP
2.3.2 R R
RP
2.3.3 R R
RP
2.3.4 RP P P P
2.4.1 RP


2.4.2 R RP RP RP
3.1 R RP RP
3.2 RP


3.3 R R
RP
3.4 RP P P P
4.1 R
RP
4.2 R


4.3 R RP RP RP
5.1 R
RP
5.2 RP
P

RAM External (melibatkan stakeholder)

A = Accountable
P = Participant
R = Review Required
I = Input Required
S = Sign-off Required
Aktv. Stakeholder
1.1.1 A
1.1.2 P
1.1.3 P
1.1.4 I
1.1.5 I
1.1.6 S
1.2.1 S
1.2.2 R
1.2.3 S
2.1.1 I
2.2.1 R
2.2.2 I
2.3.1 R
2.3.2 R
2.3.3 S
2.3.4 P
2.4.1 R
2.4.2 I
3.1 S
3.2 S
3.3 S
3.4 S
4.1 S
4.2 P
4.3 I
5.1 S
5.2 P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar