Minggu, 27 Maret 2016

UTS MPPL A

  1.  Modul Sistem informasi Pemasaran
    • modul pemasaran
    • modul servis kendaraan
    • modul costomer servis
  2.    





          Sistem Informasi menghubungkan antara Perusahaan Auto 2000 yang menjual mobil serta menyediakan jasa servis dengan para Customer yang telah membeli mobil disana namun memiliki masalah seputar kepuasan terhadap layanan, servis mobil, dll.

     

      3. Ruang Lingkup
  • -Menyediakan Sistem Informasi Pemasaran
  • -Penyediaan reminder servis untuk costomer yang telah melakukan pembelian
  • -Menangani proses Servis Kendaraan, Costomer Care,
  • -Mengelola data Managemen Servis Kendaraan.
   



 
    4. KAK Sistem Informasi Pemasaran


KERANGKA ACUAN KERJA (KAK)

Latar Belakang

Sebagai perusahaan penjual mobil,  Auto 2000 memiliki kewajiban untuk memberikan servis kepada customer yan memiliki masalah seputar pemasaran mobil yang dijual auto 2000.  

Maksud dan Tujuan

-Mampu melakukan reminder servis bulanan
-Mampu menghubungkan pelanggan dengan customer care.
-Menyediakan sms gateway untuk mengirimkan informasi ke pelanggan, dan  juga menerima permintaan antrian dari pelanggan yang ingin mobilnya diservis

Sasaran
Sistem Ini dibuat untuk pelanggan yang ingin melakukan servis mobil dan memiliki keluhan seputar pembelian barang.

Nama Dan Organisasi Pengguna Jasa
Auto 2000  

Sumber Pendanaan
Pengadaan Tunggal, dengan biaya Rp 150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah)  termasuk pajak-pajak yang membebaninya.

Lingkup, Lokasi Kegiatan, Data dan Fasilitas Penunjang Serta Alih Pengetahuan

- Lingkup kegiatan
·         Menyediakan Sistem Informasi Pemasaran
·         Penyediaan reminder servis untuk costomer yang telah melakukan pembelian
·         Menangani proses Servis Kendaraan, Costomer Care,
·         Mengelola data Managemen Servis Kendaraan.


- Lokasi kegiatan

Gedung Auto 2000

- Data dan Fasilitas Penunjang
Penyediaan oleh pengguna jasa

Data dan fasilitas yang disediakan oleh pengguna jasa yang dapat digunakan dan harus dipelihara oleh penyedia jasa:
  1. Laporan dan Data
    • Data permohonan Sistem Informasi Pemasaran Auto 2000 dalam bentuk kertas
    • Formulir yang terkait dengan Sistem Informasi Pemasaran Auto 2000
    • Data permohonan aplikasi Sistem Informasi Pemasaran Auto 2000 dalam bentuk elektronik
  2. Akomodasi ruang dan kantor
    Sebuah ruang server dengan koneksi internet (dapat berupa hotspot maupun kabel internet)
- Staff Admin
2 orang admin yang bertugas mengecek system informasi.

- Alih Pengetahuan
Penyedia jasa harus mengadakan pelatihan, semacam kursus singkat diskusi, dan seminar terkait dengan tata cara cara kerja system informasi serta cara kerja dari seorang admin dan bagaimana seorang admin dapat mengawasi proses system informasi

METODOLOGI
Metodologi dan Pendekatan yang dipergunakan dalam pembuatan sistem informasi pemasaran auto 2000 adalah dengan memperhatikan kebutuhan dan kesesuaian dengan kondisi real pada Perusahaan
Auto 2000  dengan proses Better/Best Practice dari organisasi sejenis atau yang relevan.

JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Jangka waktu pelaksanaan kegiatan ini adalah kurang lebih selama 90 (sembilan puluh) hari kalender dan harus dilaksanakan proses user acceptance test dengan waktu pelaksanaan minimal 5 (lima) hari kerja dari tanggal serah terima pekerjaan.

KUALIFIKASI

Kualifikasi yang harus disediakan oleh penyedia jasa adalah:
  1. Bersedia menandatangani Perjanjian Kerahasiaan Data dan Informasi sesuai dengan kebijakan sistem informasi pemasaran pihak Perusahaan Auto 2000.
  2. Memiliki latar belakang dan pengalaman yang luas dalam bidang pembuatan sistem informasi pemasaran dengan skala besar, terintegrasi dan mengintegrasikan aplikasi
  3. Pernah menjadi Penyedia Jasa dalam bidang sistem informasi untuk lima organisasi berbeda.
  4. Memiliki pemikiran inovatif dan konstruktif dalam pembuatan sistem informasi pemasaran.
  5. Memiliki kemampuan untuk menangani masalah dengan cepat dan tepat.
  6. Memiliki production house/workshop dan tenaga-tenaga ahli yang permanen.
  7. Memiliki metode yang baik dalam memberikan pelayanan kepada Pengguna.
  8. Sanggup untuk memberikan garansi atas berfungsinya barang/jasa secara sempurna selama satu tahun sejak serah terima.
  9. Memiliki komitmen yang kuat untuk mau bekerjasama dengan Panitia Pengadaan, Tim Teknis, dan Tim IT Perusahaan Auto 2000.
  10. Memiliki komitmen untuk mengamankan data dan informasi yang berkaitan dengan Perusahaan Auto 2000.
  11. Memiliki komitmen dan disiplin terhadap tanggung jawab dan jadwal pekerjaan.
TENAGA AHLI
Tenaga ahli yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan ini adalah : 

- Ketua tim (Project Manager)
Ketua tim disarankan seorang saja, minimal Sarjana Teknik Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi yang terakreditasi A atau setingkat, berpengalaman dalam pelaksanaan pekerjaan di bidang project management pelatihan sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun. Sebagai ketua tim, tugas utamanya adalah memimpin dan mengkoordinir seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan pekerjaan selama masa projek sampai dengan pekerjaan dinyatakan selesai,
Jumlah yang harus disediakan adalah 1 (satu) orang.
- Sistem Analis Sistem analis yang disyaratkan adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang pengembangan perangkat lunak komputer berbasis web dan data base sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun. Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang.
- Programmer/ Developer Programmer/Developer yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 3 (tiga) orang.
- Trainers Trainers yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang. 

KELUARAN
Keluaran yang dihasilkan dari pelaksaan pekerjaan ini adalah
  1. Dokumentasi yang berkaitan dengan pelatian sertifikasi.
  2. Dokumentasi seluruh kegiatan selama pelatihan
  3. Dokumetnasi SOP (System Operating Procedure) maupun SMP (System Maintenance Procedure)
  4. Pelatihan, pendampingan/ asistensi, garansi dan pemeliharaan
Media untuk dokumentasi pada proyek ini dibuat dalam format softcopy dan hardcopy. Format yang digunakan dalam dokumentasi dalam bentuk softcopy adalah menggunakan standar format Windows Office dan/atau PDF.

LAPORAN
Jenis laporan yang harus diserahkan kepada pengguna jasa adalah:
  1. Lapiran pendahuluan, berisi:
    1. Rencana kerja penyedia jasa secara menyeluruh
    2. Mobilisasi tenaga ahli dan tenaga pendukung lainnya
    3. Jadual kegiatan penyedia jasa
Laporan harus diserahkan selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak SPMK diterbitkan sebanyak 3 (tiga) buah laporan.
  1. Laporan mingguan
    1. Aktifitas yang dilakukan oleh masing-masing anggota tim pengembangan aplikasi
    2. Hasil yang telah dicapai maupun kendala yang dialami serta rencana penanganan kendala tersebut
    3. Prosentase hasil pekerjaan terhadap milestone ataupun hasil akhir yang telah ditetapkan
Laporan harus diserahkan selambat-lambatnya hari Selasa setiap minggu sebanyak 1 (satu) buah laporan
  1. Laporan akhir
    1. Laporan pendahuluan
    2. Laporan mingguan
    3. Dokumentasi lain yang berkaitan dengan kegiatan poryek pengaembangan sistem ini
Laporan harus diserahkan selambat-lambatnya 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak SPMK diterbitkan sebanyak 3 (tiga) buku laporan dan CD berisi sepuluh laporan sebanyak 3 (tiga) buah
 


5. Tim :
Project Manager
Programmer
Sistem Analis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar