Sumber data proyek: http://www.pengadaan.net/eproc/286631/6/pelatihan-dan-sertifikasi-internal-id-sirtii-tahun-2014.html
Website ID-SIRTII: http://www.idsirtii.or.id/
KERANGKA ACUAN KERJA (KAK)
Latar Belakang
Sebagai salah satu tugas pokok dan fungsi ID-SIRTII/CC (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure) dalam meningkatkan wawasan, kepedulian, dan pendidikan masyarakat terhadap keamanan infrastruktur teknologi informasi, maka Id-SIRTII/CC menyelenggarakan pelatihan yang terbuka untuk umum , yang dikhususkan untuk pemerintahan, penegak hukum, BUMN, Pemda, praktisi, akademisi, peneliti, dosen maupun mahasiswa.
Maksud dan Tujuan
-Mampu melakukan pengamanan infrastruktur teknologi informasi
-Melaksanakan fungsi layanan informasi atas ancaman dan gangguan keamanan pemanfaatan jaringan telekomunikasi berbasis protokol internet.
-Mampu mengoperasikan, memelihara dan mengembangkan sistem database pemantauan dan pengamanan pemanfaatan jaringan telekomunikasi berbasis protokol internet.
Sasaran
Pelatihan ini menitik beratkan pada konsep dan teknis pengamanan infrastruktur teknologi informasi. Materi pelatihan ini disampaikan oleh instruktur-instruktur yang berpengalaman dan bersertifikasi, serta ruangan pelatihan yang memadahi.
Nama Dan Organisasi Pengguna Jasa
Kementerian Komunikasi dan Informatika, Direktorat Telekomunika
Sumber Pendanaan
Pengadaan Tunggal, dengan biaya Rp 2.494.550.000,00 (dua miliyar empat ratus sembilan puluh empat juta lima ratus lima puluh ribu) termasuk pajak-pajak yang membebaninya.
Lingkup, Lokasi Kegiatan, Data dan Fasilitas Penunjang Serta Alih Pengetahuan
- Lingkup kegiatan
- Pelatihan seputar sosialisasi untuk melakukan kegiatan
- Pelatihan tentang pengamanan pemanfaatan jaringan telekomunikasi berbasis protokol internet.
- Pelatihan seputar pemantauan, pendeteksian dini dan peringatan dini terhadap ancaman dan gangguan pada jaringan telekomunikasi berbasis protokol internet di Indonesia.
- Lokasi kegiatan
Jl. Medan Merdeka Barat No. 17 - Jakarta Pusat (Kota)
- Data dan Fasilitas Penunjang
Penyediaan oleh pengguna jasa
Data dan fasilitas yang disediakan oleh pengguna jasa yang dapat digunakan dan harus dipelihara oleh penyedia jasa:
- Laporan dan Data
- Data permohonan pelatihan dan sertifikasi internal ID-SIRTII 2014 dalam bentuk kertas
- Formulir yang terkait dengan administrasi pelatihan dan sertifikasi internal ID-SIRTII 2014
- Data permohonan aplikasi pelatihan dan sertifikasi internal ID-SIRTII 2014 dalam bentuk elektronik
- Akomodasi ruang dan kantor
Sebuah ruang server dengan koneksi internet (dapat berupa hotspot maupun kabel internet)
3 orang admin yang bertugas memantau kegiatan pelatihan.
- Alih Pengetahuan
Penyedia jasa harus mengadakan pelatihan, semacam kursus singkat diskusi, dan seminar terkait dengan tata cara jalannya pelatihan serta cara kerja dari seorang admin dan bagaimana seorang admin dapat mengawasi kegiatan jalannya pelatihan
METODOLOGI
Metodologi dan Pendekatan yang dipergunakan dalam pembuatan pelatihan dan sertifikasi internal ID-SIRTII 2014 adalah dengan memperhatikan kebutuhan dan kesesuaian dengan kondisi real pada Kementerian Komunikasi dan Informatika, Direktorat Telekomunika dengan proses Better/Best Practice dari organisasi sejenis atau yang relevan.
JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Jangka waktu pelaksanaan kegiatan ini adalah kurang lebih selama 90 (sembilan puluh) hari kalender dan harus dilaksanakan proses user acceptance test dengan waktu pelaksanaan minimal 5 (lima) hari kerja dari tanggal serah terima pekerjaan.
KUALIFIKASI
Kualifikasi yang harus disediakan oleh penyedia jasa adalah:
- Bersedia menandatangani Perjanjian Kerahasiaan Data dan Informasi sesuai dengan kebijakan pelatihan dan sertifikasi internal ID-SIRTII 2014 pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika.
- Memiliki latar belakang dan pengalaman yang luas dalam bidang Pelatihan dan Sertifikasi dengan skala besar, terintegrasi dan mengintegrasikan aplikasi
- Pernah menjadi Penyedia Jasa dalam bidang Pelatihan dan Sertifikasi untuk lima organisasi berbeda.
- Memiliki pemikiran inovatif dan konstruktif dalam bidang Pelatihan dan Sertifikasi .
- Memiliki kemampuan untuk menangani masalah dengan cepat dan tepat.
- Memiliki production house/workshop dan tenaga-tenaga ahli yang permanen.
- Memiliki metode yang baik dalam memberikan pelayanan kepada Pengguna.
- Sanggup untuk memberikan garansi atas berfungsinya barang/jasa secara sempurna selama satu tahun sejak serah terima.
- Memiliki komitmen yang kuat untuk mau bekerjasama dengan Panitia Pengadaan, Tim Teknis, dan Tim IT Kementerian Sekretariat Negara.
- Memiliki komitmen untuk mengamankan data dan informasi yang berkaitan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika..
- Memiliki komitmen dan disiplin terhadap tanggung jawab dan jadwal pekerjaan.
Tenaga ahli yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan ini adalah :
- Ketua tim (Project Manager)
Ketua tim disarankan seorang saja, minimal Sarjana Teknik Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi yang terakreditasi A atau setingkat, berpengalaman dalam pelaksanaan pekerjaan di bidang project management pelatihan sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun. Sebagai ketua tim, tugas utamanya adalah memimpin dan mengkoordinir seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan pekerjaan selama masa projek sampai dengan pekerjaan dinyatakan selesai,
Jumlah yang harus disediakan adalah 1 (satu) orang.
- Sistem Analis Sistem analis yang disyaratkan adalah minimal Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat, yang berpengalaman melaksanakan pekerjaan di bidang pengembangan perangkat lunak komputer berbasis web dan data base sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun. Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang.
- Programmer/ Developer Programmer/Developer yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 3 (tiga) orang.
- Quality Assurance Quality Assurance yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang
- Trainers Trainers yang disyaratkan sekurang-kurangnya setara Strata satu (S1) lulusan perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat dengan pengalaman sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun.
Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang.
KELUARAN
Keluaran yang dihasilkan dari pelaksaan pekerjaan ini adalah
- Dokumentasi yang berkaitan dengan pelatian sertifikasi.
- Dokumentasi seluruh kegiatan selama pelatihan
- Dokumetnasi SOP (System Operating Procedure) maupun SMP (System Maintenance Procedure)
- Pelatihan, pendampingan/ asistensi, garansi dan pemeliharaan
LAPORAN
Jenis laporan yang harus diserahkan kepada pengguna jasa adalah:
- Lapiran pendahuluan, berisi:
- Rencana kerja penyedia jasa secara menyeluruh
- Mobilisasi tenaga ahli dan tenaga pendukung lainnya
- Jadual kegiatan penyedia jasa
- Laporan mingguan
- Aktifitas yang dilakukan oleh masing-masing anggota tim pengembangan aplikasi
- Hasil yang telah dicapai maupun kendala yang dialami serta rencana penanganan kendala tersebut
- Prosentase hasil pekerjaan terhadap milestone ataupun hasil akhir yang telah ditetapkan
- Laporan akhir
- Laporan pendahuluan
- Laporan mingguan
- Dokumentasi lain yang berkaitan dengan kegiatan poryek pengaembangan sistem ini
Judul
BalasHapusReferensi dilink
Perbaikan format